Brokoli Ampuh Tangani Ketegangan Saat Menstruasi

Penelitian mengungkapkan, rajin mengkonsumsi brokoli dapat membantu wanita menghadapi ketegangan pramenstruasi (PMT) atau sindrom pramenstruasi (PMS) yang sering terjadi sebelum atau pada saat wanita mengalami menstruasi.
 IST
Bahkan tak hanya brokoli, tim menyebut, sejumlah bahan pokok makanan juga dapat membantu seperti wijen dan makanan lainnya yang kaya akan zat besi.

Zat besi mungkin berkaitan dengan PMS karena berpengaruh dalam produksi kimia serotonin dalam otak yang membantu mengatur suasana hati. Seperti dilansir dari thetelegraph.co.uk.Ini ditemukan setelah sejumlah proses penelitian dilakukan terhadap 3000 perawat selama satu dekade.

Awalnya mereka mengaku tidak pernah mengalami PMS sebelum atau saat mereka datang bulang. Tapi setelah 10 tahun berikutnya, ditemukan sepertiganya telah didiagnosa memiliki PMS dan dua pertiganya tidak.

Setelah diteliti oleh tim dari Universitas Massachusetts dan Harvad terhadap diet mereka, ditemukan bahwa mereka yang tidak memiliki PMS karena rajin mengkonsumsi brokoli atau makanan lain yang mengandung zat besi.

Mereka yang memiliki asupan lebih dari 20miligram sehari ditemukan memiliki resiko lebih kecil yaitu 30 sampai 40% mengalami PMS dibanding mereka yang tidak rajin mengkonsumsi makanan berzat besi. Sementara jumlah harian zat besi yang disarankan adalah 18mg bagi perempuan.

Penelitian, yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology adalah yang pertama untuk menemukan hubungan antara besi dan PMT.

Tanaman makanan yang kaya zat besi mencakup brokoli, yang memiliki 1mg per 100g. Namun, biji wijen yang dipanggang memiliki lebih banyak yaitu sekitar 14.8mg per 100g dan aprikot kering memiliki 6.3mg per 100g.

Komentar

Postingan Populer