Hindari Makanan Ini Jika Tidur Tak Mau Terganggu

Segelas susu hangat, secangkir teh chamomile, dan beberapa iris dada kalkun dapat membantu Anda cepat tertidur. Namun sejumlah makanan justru harus dihindari karena dapat menghambat tidur.

"Telah diketahui sejak lama bahwa ada makanan yang mempromosikan atau menghambat tidur," kata Kelly Glazer Baron, Ph.D., MPH, seorang peneliti tidur dan instruktur neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine.
huffingtonpost.com
Tentu saja, tidak ada makanan atau minuman yang bisa menyembuhkan gangguan tidur seperti insomnia secara benar. Tapi ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur, bisa mencuri waktu tidur Anda.

Berikut adalah makanan yang lebih baik tidak dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur. Seperti dikutip dari huffpost.
1. Kopi

Menikmati kopi bahkan ketika pukul 4 sore sudah bisa membuat tidur malam Anda terganggu. Variasi rasa kopi juga turut mempengaruhi, seperti ice cream-capucino memberi efek pukulan yang cukup kuat.

2. Coklat

Menikmati satu dua gigitan mungkin tidak apa-apa, tapi tergoda untuk menghabiskan sebatang coklat, ini dipastikan membuat sulit tidur. Coklat mengandung kafein yang membuat Anda terus terjaga.

3. Alkohol

Alkohol mungkin bisa memicu tidur nyenyak di awal tapi selanjutnya bisa menganggu kualitas tidur dan mengakibatkan mimpi aneh. Selain itu esok harinya Anda akan bangun dengan tubuh lelah.

4. Makanan berlemak

Sebuah studi pada 2012 menemukan tikus yang diterapkan diet tinggi lemak akan jatuh tidur lebih lama pada siang hari sehingga ketika malam hari sulit untuk mengantuk. Ini juga menimbulkan perasaan tidak nyaman yang dapat mengganggu tidur.

5. Steak

Makanan yang mengandung protein tinggi menimbulkan masalah percernaan karena sulit diurai ketimbang nutrisi lainnya. Ini menimbulkan ketidaknyamanan dalam tidur ketika makanan dalam perut seperti masih menumpuk.

6. Makanan pedas

Jenis makanan Ini memicu sakit maag sehingga akan sulit untuk tidur.

7. Jeruk Bali

Jeruk Bali mengandung asam yang tinggi sehingga meningkatkan keasaman lambung dan dapat membuat terbangun di malam hari.

8. Cairan atau air

Terlalu banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh sesaat sebelum tidur hanya akan mengganggu tidur karena Anda akan terbangun untuk buang air kecil. Membatasi asupan cairan setidaknya dua jam sebelum tidur adalah cara terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Komentar

Postingan Populer