NASA Siap Uji Coba Laser untuk Komunikasi

NASA baru saja mengumumkan bahwa mereka akan mulai menguji komunikasi baru dan teknologi transmisi data dengan menggunakan laser yang akan dimulai pada Oktober 2013. Seperti apa?
 slashgear.com
Sistem yang disebut OPALS atau Optical Payload for Lasercomm Science ini disebut memiliki potensi untuk mengubah cara pengiriman data dari ruang angkasa ke Bumi.
Dilansir SlashGear, dengan menggunakan sinar laser, NASA akan dapat menerima dan mengirimkan informasi ke stasiun antariksa ISS (International Space Station) pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada teknologi komunikasi saat ini.

NASA akan menggunakan OPALS untuk menunjukkan dan menguji teknologi optik komunikasi dari platform berbasis ruang dengan mentransfer data video melalui hardware laser pada stasiun ruang angkasa yang terletak di Laboratorium Komunikasi Telescope Optical Jet Propulsion di California, AS.

Nantinya, stasiun ruang angkasa tersebut akan mengirimkan sinyal laser untuk ISS, dan sinyal ini akan dijadikan sebagai isi komunikasi yang dikirimkan stasiun ruang angkasa ke Bumi.

Komentar

Postingan Populer