10 Teknologi Modern Ini Diprediksi Sejak 1959!

Novel sci-fiStarship Trooper (1959) yang kemudian dibuat filmnya pada 1997 ternyata telah memprediksi kehadiran sejumlah teknologi canggih yang ada saat ini. Apa saja?
Starship Troopers adalah novel fiksi ilmiah tahun 1959 karya Robert A. Heinlein. Novel laris ini kemudian diadopsi dalam film pada 1997 yang berjudul sama.
Ceritanya adalah tentang seorang tentara muda dan eksplorasinya di sebuah unit militer yang futuristik yang membawanya menjadi seorang tentara di perang antarbintang antara manusia dan makhluk luar angkasa.

Hebatnya, beberapa teknologi yang digunakan di ceritanya ternyata merepresentasikan alat-alat canggih yang ada saat ini. Ini berarti teknologi yang ada saat ini sudah diprediksi sejak 54 tahun lalu!

Apa sajakah teknologi tersebut?
Komputer tablet
Semua pelajar di cerita Starship Troopersternyata sudah menggunakan komputer yang berbentuk seperti tablet. Tablet kemudian menjadi perangkat sangat populer pada saat ini.

Headline

Stylus pen
Komputer berbentuk tablet tersebut ternyata juga dilengkapi stylus pen. Pena ini kini menjadi perangkat wajib untuk membantu penggunaan perangkat tablet yang ada saat ini.

Headline
Tampilan situs internet

Dalam cerita di Starship Troopers,pemerintahnya terlihat menggunakan internet dengan tampilan tab situs yang serupa seperti yang ada saat ini, bahkan dengan kombinasi tautan interaktif dan video.

Headline
Video Chat Multi-user

Dalam cerita Starship Troopers juga telah ditampilkan video chat multi-user dari seluruh dunia yang dijalankan dengan lancar. Teknologi ini sama seperti layanan Google Hangouts pada saat ini.

Headline
Message Converter

Pesan tulisan yang kemudian dikonversi menjadi pesan suara adalah teknologi yang kini umum digunakan di mobil-mobil mahal demi meminimalisir gangguan pengemudian yang muncul ketika menggunakan ponsel sambil mengemudi.

Teknologi serupa ternyata sudah ada diStarship Troopers.

Headline
Video Call

Teknologi percakapan langsung melalui Video Call ternyata sudah muncul di Starship Troopers. Saat ini Anda pasti familiar dengan yang namanya Skype.

Headline
Sign In tanpa password

Perangkat Android memungkinkan Anda sign in menggunakan wajah Anda, dan desas-desus yang beredar menyebutkan iPhone berikutnya juga bakal memiliki pemindai sidik jari.

Teknologi serupa ternyata sudah diprediksi Starship Troopers, yang mengasumsikan kita tidak perlu lagi menggunakan kata sandi untuk masuk ke perangkat kita di masa depan.

Headline
Operasi bedah dengan robot

Teknologi mengoperasi organ tubuh dengan bantuan robot sudah menjadi kenyataan saat ini. Teknologi ini ternyata telah diprediksi dalam cerita di Starship Troopers.

Headline
Energi yang dapat diperbarui

Fasilitas di Starship Troopers menggunakan konsep energi yang dapat diperbaharui karena fleksibilitas dan sisi logistik yang dipandang lebih mudah.

Teknologi energi serupa kemudian menjadi pesat digunakan pada saat ini.

Headline
Kacamata pintar
Perhatikan foto berikut. Salah satu aktor diStarship Troopers menggunakan perangkat dengan bentuk dan konsep sangat mirip seperti apa yang kita ketahui saat ini sebagai kacamata pintar Google Glass. [mor]

Komentar

Postingan Populer