Bentuk Pesawat Unik di Abad 20

Headline
Wright bersaudara, Boeing 747 dan Concorde adalah nama-nama yang sukses di dunia penerbangan di abad 20. Di abad ini, dunia penerbangan berada dalam salah satu era terbaik, terbukti dengan banyaknya pesawat sukses yang lahir di abad ini. Namun sejumlah eksperimen juga melahirkan sejumlah pesawat berbentuk aneh dan beberapa di antaranya bahkan gagal terbang.

Berikut 10 pesawat yang memiliki bentuk paling aneh di abad 20:

The Lockheed XFV (1954)
Headline
Ini adalah pesawat prototipe eksperimental untuk menunjukkan bagaimana proses operasi lepas landas Vertical Take-off and Landing (VTOL). Pesawat ini dikenal dengan julukan 'Salmon'.

Aerocar N103D (1956)
Headline
Aerocar adalah cikal bakal mobil terbang modern saat ini. Dipatenkan pada tahun 1956, mobil terbang ini memiliki mesin dengan 125 tenaga kuda dan kecepatan jelajah di udara mencapai 160 km/jam. Sayapnya diletakkan terpisah dalam kargo yang digandeng di belakang mobil dan diklaim dapat merubah mobil menjadi sebuah pesawat terbang hanya dalam waktu 30 menit.

Hughes XH-17 (1952)
Headline
Pesawat ini memiliki sistem rotor utama berdiameter 41 meter. Berjuluk 'Flying Crane', pesawat ini mampu terbang dengan beban lebih dari 23 ribu kilogram. Namun, sistem penggeraknya ternyata tidak efisien dan membatasi jarak terbangnya hanya sejauh 64 kilometer saja.

The Umbrella Plane (1911)
Headline
Perancang pesawat ternama Chance Vought membuat 'pesawat payung' pada tahun 1911. Pesawat ini sukses terbang beberapa kali di Chicago Cicero Field.

Avro Canada VZ-9 Avrocar (1958-1959)
Headline
Melihat bentuk pesawat ini, Anda pasti teringat dengan pesawat UFO. Ya, ini adalah proyek rahasia militer AS untuk membuat pesawat tempur yang bisa terbang pada ketinggian ekstrim, dengan kecepatan sangat tinggi.

Namun proyek ini gagal karena pesawatnya tidak pernah terbang stabil. Hanya dua unit yang dibuat pada 1958 dan 1959, dan proyek ini akhirnya dibatalkan pada 1961.

The Arup S-1 (1932)
Headline
Pesawat ini dikembangkan Dr Cloyd Snyder di South Bend, Indiana, AS. The Arup S-1 dijuluki Dirigiplane atau Snyder Gilder karena bentuknya yang aneh.

Phillips Multiplanes (1904 & 1907)
Headline
Pesawat unik ini di tahun 1904 memiliki 20 sayap tipis yang digabungkan dengan ekor sederhana untuk stabilitas, tetapi tidak bisa terbang dengan jarak lebih dari 50 meter.
Sementara itu, versinya pada 1907 memiliki 200 sayap dalam empat baris dengan mesin 22 tenaga kuda dan propeler berukuran 2 meter. Versi ini bisa mencapai jarak terbang hingga 150 meter.

The Burke (1910)
Headline
Tidak banyak keterangan tentang pesawat ini. Bentuk sayapnya terlihat sangat unik seperti burung, namun pesawat ini disebut tidak bisa terbang dengan sempurna.

Bartini Beriev VVA-14 (1972)
Headline
Dirancang untuk dapat lepas landas dari atas permukaan air. Pesawat ini memiliki 107 penerbangan dengan 103 jam terbang.
Proyeknya kemudian dihentikan setelah kematian sang perancang, Robert Bartini. Pesawat ini kini tersimpan di sebuah museum di Rusia.

Nemeth Circle Aircraft, Roundwing (1934
Headline
Ini adalah pesawat dengan desain sayap unik yang melingkar diatas bodinya yang dirancang oleh Stephen Paul Nemeth.
Tidak diketahui apakah pesawat ini akhirnya dapat diterbangkan atau tidak. [mor]

Komentar

Postingan Populer