Benda-benda Peninggalan Soviet

Perang Dingin antara Barat dan Uni Soviet di era 80an membuat kedua kubu berlomba-lomba menciptakan teknologi canggih untuk mengungguli lawannya. Propaganda dilancarkan untuk menghancurkan reputasi lawan.
Kalashnikov AK-47(giantbom.com)
Namun Barat yang gencar menentang komunisme ternyata menggemari teknologi Soviet. Tercatat, ada beberapa benda buatan Soviet yang tenar digunakan Barat. Bahkan hingga saat ini.
Benda-benda itu adalah:

Rubik
Kubus Rubik telah diciptakan 40 tahun lalu di Blok Timur Soviet oleh seorang arsitek Hungaria bernama Emo Rubik. Rubik menciptakannya kubus berwarna-warni ini awalnya bukan untuk mainan, melainkan sebagai model geometri.

Namun pada Pekan Mainan di Nuremburg tahun 1979, seorang pengusaha melihat potensinya dan langsung memproduksinya secara massal. Awal 80an, sebanyak 350 juta rubik terjual. Hingga saat ini penjualan Rubik masih kencang, apalagi ditambah dengan berbagai variasi teka-teki kubus, semakin menambah menarik permainan ini.

Tetris
Seperti Rubik, Tetris menawarkan permainan yang sederhana namun memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Permainan ini diprogram pertama kali oleh Alexey Pajitnov dari Moskow dan dirilis pada 6 Juni 2984. Tetris adalah game pertama yang diekspor dari USSR ke dunia Barat. 

Pada 2010, 70 juta permainan Tetris terjual, 100 juta lainnya diunduh menggunakan telepon seluler. Saking tenarnya, Tetris turut ditampilkan dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin di Sochi awal tahun ini. 

Penemunya, karena bekerja untuk pemerintah Soviet, tidak mendapatkan royalti apapun. Dia pindah tahun 1991 ke Amerika Serikat dan bekerja untuk Microsoft.

Senapan AK-47
Siapa tidak tahu senapan AK-47. Senapan paling populer di dunia ini telah laku terjual 100 juta unit di berbagai negara. Penemunya, Mikhail Kalashnikov yang meninggal Desember tahun lalu di usia 94 tahun bahkan disebut Vladimir Putin sebagai simbol kejeniusan Rusia.

Walaupun AK-47 bukan yang berteknologi terbaik di dunia, namun senapan ini diminati karena kemudahan mengoperasikannya dan ketahanannya terhadap cuaca berpasir atau basah. Bandingkan dengan senapan M-16 milik AS yang macet jika masuk air.

"Saat Perang Vietnam, tentara Amerika akan membuang M-16 mereka dan merampas AK-47 dan pelurunya dari tentara Vietnam yang tewas," kata Mikhail Kalashnikov pada 2007.

Stasiun Luar Angkasa
Perang Dingin Barat dan AS juga merambah ke luar angkasa. Yuri Gagarin adalah orang pertama yang pernah dikirim ke orbit bumi pada 1961, AS kalah dalam hal ini.

Namun peninggalan Soviet paling berharga di bidang ini adalah stasiun luar angkasa, yang kemudian dicontoh oleh berbagai negara lainnya. Stasiun luar angkasa Mir milik Soviet yang berada di luar angkasa selama 15 tahun antara 1986 hingga 2001 menjadi pelopornya.

Soviet pertama kali meluncurkan stasiun luar angkasa mereka tahun 1971 dan ditinggali oleh tiga kosmonaut selama 23 hari. Sayangnya, ketiga kosmonaut itu tewas saat kendaraan yang mereka tumpangi terbakar di atmosfer ketika hendak ke Bumi. Stasiun luar angkasa Salyut 1 itu jatuh ke Bumi enam bulan kemudian.

Namun lima stasiun luar angkasa Salyut lainnya mengukir sukses bertugas sebelum diorbitkannya Mir.

Kode Pos
Berapa banyak dari kita yang mengetahui bahwa kode pos adalah peninggalan Soviet?

Pertama kali kode pos untuk menentukan alamat seseorang diperkenalkan di Ukraina tahun 1932 saat masih jadi bagian USSR. Sistem ini dihapuskan tahun 1939 namun kemudian diadaptasi oleh Jerman tahun 1941. (vivanews)

Komentar

Postingan Populer