Ini Bahaya Jus Kemasan Bagi Anak

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa jus kemasan bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi anak-anak. Pasalnya, tingginya kandungan gula dalam jus kemasan bisa memicu risiko diabetes dini. 
Tingginya kandungan gula dalam jus kemasan bisa memicu risiko diabetes dini pada anak.
Penelitian yang dilakukan Public Health tersebut mengungkapkan anak-anak di Inggris kelebihan asupan gula sepertiga dari yang seharusnya. Itu dikarenakan anak-anak terlalu banyak meminum minuman manis, terutama jus kemasan.
"Minuman terbaik untuk anak sekolah adalah air putih dan susu rendah lemak. Jus buah segar juga pilihan yang baik karena termasuk dari lima porsi buah dan sayur setiap hari," kata Dr Alison Tedstone, Kepala Gizi di Public Health, dilansirDaily Mail.

Walaupun begitu, Tedstone menambahkan, lebih baik minum hanya satu kali per hari karena tingginya gula akan merusak gigi. Atau mengganti jus kemasan dengan jus buah segar buatan sendiri tanpa gula tambahan. 

"Minuman bersoda berkadar gula dan kalori tinggi bukan pilihan yang baik untuk anak-anak," sambung Tedstone. 

Dilansir Mirror, peneliti juga menyarankan agar tubuh tidak menerima lebih dari 11 persen asupan gula dari setiap menu makanan.

Namun, survei Diet dan Nutrisi Nasional untuk 2008-2012 menunjukkan bahwa terdapat penambahan gula rata-rata hingga 14,7 persen dari menu makanan anak-anak di bawah 10 tahun.

Adapun penelitian yang dilakukan Tedstone menemukan anak laki-laki berusia di bawah 10 tahun, tiap harinya mengasup 32 persen gula melalui minuman, termasuk jus buah sebanyak 15 persen. Sementara itu, anak perempuan di bawah 10 tahun, 28 persen gula masuk lewat minuman, termasuk 12 persen di antaranya dari jus buah.

Laporan menyebutkan, sereal dan produk lain termasuk biskuit dan kue, adalah penyumbang gula kedua terbesar pada anak-anak.(vivanews)

Komentar

Postingan Populer