Internet Turunkan Kecerdasan Seseorang

Meski internet memberikan banyak informasi kepada kita, namun ternyata hal itu malah membuat penggunanya semakin bodoh. Internet dianggap memiliki efek negatif pada pengetahuan seseorang.

Dilansir melalui The Age, Senin 14 Juli 2014, peneliti dari Victoria University Wellington mengatakan bahwa aktivitas membaca yang dilakukan secara online tidak memberikan keuntungan apa pun kepada penggunanya. Malah pengetahuan mereka semakin menurun.
Ilustrasi(REUTERS/Lucas Jackson)
"Konsentrasi, pemahaman, dan penyerapan informasi ketika membaca di dunia maya memiliki tingkat yang lebih rendah ketimbang membaca teks secara tradisional," ujar asisten profesor, Val Hooper.

Hal ini karena, di dunia online, kebanyakan orang menyusuri materi yang akan dibaca terlebih dulu, mencari-cari materi yang menarik sehingga terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala.

Selain itu, pengguna internet juga lebih cenderung tidak konsentrasi dan fokus bisa teralihkan saat membaca online. Selain membaca informasi, pastinya mereka juga akan membaca email, mengecek berita, mengeksplor hyperlink dan juga menonton video klip.
"Dipastikan, pengguna internet cenderung 'diganggu' saat mereka ada di depan komputer," kata Dr. Hooper.

Ketika banyak responden yang mengaku telah belajar membaca dengan cepat dan lebih selektif, mereka juga mengklaim mampu mengingat materi yang didapat saat membaca di dunia maya. 

Penelitian yang bertajuk 'Is Google Making Us Stupid? The Impact of The Internet on Reading Behaviour' ini telah lama dilakukan oleh Dr. Hooper. Di dalam penelitian itu juga ditemukan jika pengguna internet masih membaca dengan pola linear (garis lurus), sesuai dengan gaya membaca di media cetak.

Pola membaca linear sudah menjadi kebiasaan para pengguna internet, meski mereka menerima informasi dengan struktur yang berbeda.

Dr. Hooper berpendapat, akan butuh setidaknya satu generasi baru untuk bisa mengubah cara orang membaca.(news.viva/ asp)

Komentar

Postingan Populer