Android (sistem operasi)

Android OS Handphone yang begitu Fenomenal teah mengalami revolusi hingga membuat OS ini makin mudah serta nyaman dioperasikan.

Pengertian dan Fungsi Android

Pengertian Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet.
Secara umum Android adalah platform yang terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak.
 Berikut ini adalah pengertian dan definisi android:


# WIKIPEDIA
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux

# MATAMAYA STUDIO
Anroid mrupakan operating system dari Google yang bersifat open source, sehingga berbeda dengan windows dimana kita harus membeli lisensinya

# JUBILEE ENTERPRISE
Android adalah sebuah sistem operasi yang memberi kemudahan dalam berkirim email melalui fasilitas Gmail

Anroid merupakan sistem operasi mobile berbasis kernel Linux yang dikembangkan oleh Android Inc dan kemudian diakuisisioleh Google


# WEI-MENG LEE
Android adalah sebuah sistem operasi pada handphone yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux. Android bisa digunakan oleh setiap orang yang ingin menggunakannya pada perangkat mereka

# WWW.ANDROID.COM
Android merupakan kekuatan baru bagi jutaan ponsel, tablet, dan perangkat lain yang membawa kecepatan Google dan web ke tangan anda

# WWW.DEVELOPER.ANDROID.COM
Android adalah software untuk perangkat mobile yang mencakup aplikasi sistem operasi, middleware, dan key

# AJITH ABRAHAM, JAMIE LLORET MAURI & JOHN BUFORD Android adalah sistem operasi milik Google. Sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi yang sebelumnya bisa digunakan pada mobile devices, notebook, dan komputer
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Semenjak kehadirannya pada 9 Maret 2009, Android telah hadir dengan versi 1.1, yaitu sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada apalikasinya, seperti jam alrm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Hingga tahun 2012, Android telah berkembang dengan pesat. Dalam kurun 3 tahun Android telah diproduksi dalam versi, dan versi terakhir yang diproduksi disebut sebagai Android versi 4.1 atau Android Jelly Bean.

Cupcake
Merupakan sebutan untuk versi pembaruan 1.5 dari versi awal 1.1. Hadir pada tanggal 30 April 2009, cupcake tampil sederhana dengan fitur yang belum terlalu lengkap. Sehingga para pengguna, paling tidak mesti men-dwonload aplikasi tambahan dari tempat lain. Beberapa fitur pada Cupcake diantaranya upload video ke Youube serta gambar ke Picassa langsung dari Handphone.

Donut
Untuk versi 1.6 Donut, pengguna sudah bisa mengakses aplikasi android market yang berisikan banyak aplikasi maupun tools tambahanyang menyempurnakan kinerja handphone. Mendukung juga kualitas layar WVGA, serta teknologi CDMA / EVDO, 802 1X, VPNs, dan a text-to-speech engine.

Éclair
Dirilis pada oktober 2009, system Éclair masih banyak dipakai pada ponsel Android yang beredar sekarang ini. Dengan browser UI dan dukungan HTML5 terbaru, Éclair menjadi salah 1 ssistem yang cukup digemari para pengguna Smartphone. Google Maps pun hadir lebih baik pada Éclair. System ini mengalami 2 kali update sehingga terdapat versi 2.0 dan 2.1 dengan kode nama yang sama (Eclair).

Froyo

Update paling baru dari Android. Paling terasa dari versi 2.2 ini adalah openingkatan kemampuan Adobe Flash 10.1

Gingerbread
Diciptakan akan mampu mendukung WebM video playback, peningkatan fitur copy-paste, hingga adanya fitur bagi 3D Gaming. Setelah gingerbread, nantinya akan hadir Honeycomb yang muncul di tahun 2011.
 
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.


Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus

Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat.

Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

Komentar

Postingan Populer