Panas Bisa Perpanjang Fungsi Flash Memory

Peneliti di Taiwan menemukan hubungan antara panas dan masa kerja penggunaan pada flash memory.
Dalam penelitiannya mereka melakukan uji coba dengan melakukan sengatan kilat yang menghantarkan panas hingga 800 derajat Celcius dan hasilnya memori bisa bertahan lebih lama dari biasanya.
BBC Indonesia. Panas bisa memperpanjang siklus pembacaan dan penempatan data pada flash memory.
Flash memory secara luas biasa digunakan pada komputer dan perangkat elektronik lainnya karena fungsinya yang sangat efektif dalam menyimpan data secara cepat.

Namun alat ini akan berkurang fungsinya setelah mengalami proses siklus pembacaan data hingga 10.000 kali.

Dengan menggunakan panas, para peneliti di Taiwan berhasil menemukan cara 'menyembuhkan' material dalam flash memory sehingga bisa digunakan lebih lama lagi.

Mereka mengatakan temuan mereka ini bisa membuat flash memory menjalani siklus pembacaan data setidaknya hingga 100 juta kali.

Desain baru

Suhu panas memang sejak lama diketahui sebagai cara untuk menjaga kondisi flash memory yang sudah tua.

Sebagian menilai ada cara yang lebih praktis untuk menjaga fungsinya, seperti memanaskan keping hingga 250 derajat celcius selama beberapa jam.

Peneliti di perusahaan elektronik Macronix saat ini telah menemukan cara untuk menjaga fungsi dengan melakukan desain ulang terhadap bentuknya.

Mereka kini berhasil menempatkan pemanas bersama materi memori yang berfungsi sebagai penyimpan data.

Para peneliti mengatakan desain baru memory chip ini sangat aman karena hanya sebagaian kecil saja yang akan mengalami pemanasan dalam waktu yang sangat singkat.

Proses pemananasannnya pun hanya memakan sedikit energi dan tidak akan mengurangi energi pada baterai yang digunakan di sejumlah perangkat elektronik. (BBC)

Komentar

Postingan Populer