Pohon Eucalyptus Simpan Partikel Emas

Peneliti Australia tengah gencar meneliti pohon Eucalyptus, yang diklaim menyimpan partikel emas. Hal itu diketahui setelah peneliti menganalisis dahan dan daun pohon itu, dan menemukan partikel lembut emas pada bagian sampelnya.
Pohon Eucalyptus [foto ilustrasi] (theaustralian.com.au)
Dilansir LiveScience, 24 Oktober 2013, petunjuk emas itu dapat mengungkapkan, apakah memang benar pohon jenis ini bisa menyerap emas. Jika benar demikian, maka pohon itu bisa jadi petunjuk adanya harta karun.

Disebutkan peneliti, banyak pepohonan yang akarnya terpendam jauh di dalam bumi. Akar memang berfungsi menyimpan nutrisi, mineral untuk memasok pertumbuhan pohon. Salah satu kelompok peneliti telah menemukan indikasi sifat partikel emas dalam jaringan hidup pohon itu.

Dalam penelitiannya, peneliti telah menganalisis daun, ranting dan kulit Eucalypts di dua lokasi berbeda, yakni Australia bagian barat dan timur. 

Dengan bantuan sinar X terungkap bahwa ada partikel emas dalam pohon selebar delapan mikron di sel pohon. Kadar ini sekitar 10 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Sampel emas ini tak berbahaya bagi pohon karena diserap akar dan terangkut ke daun. Pada bagian pohon inilah konsentrasi partikel emas itu tertinggi.

"Kami terkejut dengan kemampuan Eucalyptus menyerap emas dari dalam tanah yang dalamnya setara gedung 10 lantai," tutur Melvyn Lintern, pemimpin studi sekaligus ahli geokimia Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization, Australia.

Meski sekitar pohon itu diduga berpotensi menjadi pusat harta karun, peneliti tak mengusulkan penambangan bagi pohon-pohon itu. 

"Jumlah emas di pohon sangat kecil. Anda membutuhkan 500 pohon Eucalyptus untuk memiliki emas yang bisa dibuat untuk sebuah cincin kecil," terang Lintern.

Dia mengatakan, pohon-pohon itu bisa jadi menyimpan emas sampai 35 meter di bawah tanah. Temuan ini telah dipublikasikan pada Jurnal Nature Communications edisi 22 Oktober. (umi)

Komentar

Postingan Populer