Inilah Alat Mata-mata AS Paling Canggih

militer AS bekerjasama dengan Boeing tengah mengembangkan sebuah pesawat tanpa awak yang dinamakan, Hummingbird - liveleak.com

Militer Amerika Serikat (AS) harus diakui selalu unggul dalam hal intelijen. Kini, AS memiliki sebuah alat canggih yang mampu memantau pergerakan manusia di belahan dunia manapun. Kecanggihannya mampu mengetahui apapun yang terjadi, bahkan mengetahui merek ponsel yang sedang ditenteng seseorang.

Sebagaimana dirilis di situs LiveLeak, militer AS bekerjasama dengan Boeing tengah mengembangkan sebuah pesawat tanpa awak yang dinamakan, “Hummingbird” (burung gereja). Pesawat ini terbang di ketinggian 20 ribu kaki atau sekitar 6 km dan mampu memantau wilayah di darat seluas 40,2 km persegi.

Pesawat ini dilengkapi sebuah alat yang dinamakan Argus, yakni sebuah kamera yang dilengkapi banyak lensa. Kamera ini sangat istimewa karena bisa menghasilkan gambar dan video beresolusi tinggi 1,8 GP.

Kamera itu diterbangkan dengan pesawat Hummingbird hingga ke posisi yang sangat tinggi di angkasa dan tak terjangkau radar. Dari angkasa kamera itu kemudian diarahkan ke bumi dan kemudian mengirimkan gambar serta video ke pusat pengendali di darat.

Hingga saat ini, sudah tiga buah pesawat yang dipakai oleh militer AS di Afghanistan. Pesawat ini diterbangkan memantau Afghanistan dari ketinggian 20 ribu kaki.

Komentar

Postingan Populer