10 Robot Paling Canggih dan Mengagumkan

Robot telah menjadi bagian integral masyarakat dunia, khususnya masyarakat Jepang. Negara berjuluk 'Negeri Matahari Terbit' ini memang tergolong rajin dalam menciptakan berbagai produk dan gadget canggih, termasuk robot.
Headline
Beberapa robot canggih berhasil dirancang, dikembangkan serta diproduksi di Jepang. Namun, ternyata tak hanya Jepang, beberapa negara maju lainnya pun turut menciptakan berbagai robot canggih meski secara kuantitas tidaklah sebanyak produksi Jepang.
Berikut ini adalah 10 robot canggih dan mengagumkan yang pernah hadir di muka Bumi ini:

Murata Seiko Chan
Headline
Murata Seiko Chan adalah robot perempuan yang bersepeda dengan satu roda. Robot ini diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar, khususnya masyarakat Jepang yang terpesona dengan produk robot sebelumnya yaitu Murata Boy.

Murata Seiko Chan adalah robot mainan yang dilengkapi dengan bluetooth, kamera, sensor ultrasonik yang dapat mengirimkan video. Robot berbobot 5 kg dengan tinggi 75 cm ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2009.

Humanoid
Headline
Humanoid adalah robot besutan produsen otomotif Toyota yang mampu bermain alat instrumentalia terutama biola yang dipertunjukkan pertama kalinya pada tahun 2007.

Dalam penampilan perdananya, robot canggih ini dapat memainkan karya Elgar, Pomp and Circumstance. Meskipun kualitasnya tidak sebagus permainan biola oleh manusia, tetapi ini cukup menghibur.

Robot ini juga mampu berkolaborasi dengan manusia dalam memainkan biola sehingga menjadi pertunjukkan yang menarik.

Humanoid juga pernah hadir di Jakarta pada tahun lalu dalam ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Rollin Justin
Headline
Rollin Justin adalah sebuah robot canggih yang diciptakan oleh pusat ruang angkasa Jerman (DLR). Rollin Justin memiliki kemampuan sigap dalam menangkap benda-benda yang dilemparkan ke arahnya serta dapat membuat kopi.

Robot berwarna biru ini dilengkapi dengan kamera stereoskopik dan berbagai software canggih. Tingkat akurasi robot ini mencapai 80% dalam menangkap bola, menghindari rintangan bahkan mengenali manusia.

Kelebihan ini dapat ditingkatkan dengan dilakukan beberapa perbaikan agar robot Rollin Justin lebih manusiawi.

Aibo
Headline
Robot berbentuk anjing yang lucu dan menggemaskan ini diproduksi oleh perusahaan Sony. Aibo diperkenalkan pada tahun 1999. Meski produksi robot ini telah dihentikan tahun 2006, namun kehadiran Aibo memberikan warna baru dalam dunia ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan robot.

Aibo, yang merupakan kependekan dari Artificial Intelligence Bo, dapat berjalan, menyalak, mengenali perintah melalui suara. Ada banyak generasi dan model robot Aibo yang diciptakan dari tahun ke tahun.

Seperti seekor anjing, Aibo juga memiliki emosi nyata dan naluri bukan sebagai mainan. Aibo juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari tuannya hingga ia berkembang seperti seorang teman.

T-52 Enryu
Headline
T-52 Enryu adalah robot penyelamat yang memiliki 'tubuh' besar. Robot ini diciptakan untuk membantu manusia pada waktu terjadi bencana alam, seperti gempa bumi.

Robot raksasa ini menggunakan mesin hidrolik pada saat sedang beroperasi yang berguna untuk menyingkirkan puing-puing dijalan akibat gempa serta mengangkut para korban bencana. Robot berbobot seberat 5 ton dengan tinggi 3 meter, memiliki kemampuan mengangkat beban hingga 1 ton.

T-52 Enryu dirancang dan diproduksi pertama kali oleh perusahaan Jepang bernama Tmsuk pada tahun 2004 dan telah banyak berpartisipasi dalam pemulihan bencana di negara yang memang terkenal rawan gempa bumi tersebut.

Testudo
Headline
Ini adalah sebuah robot pengintai yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Inggris. Robot ini dibuat dengan ukuran kecil, mirip dengan mobil mainan RC.

Testudo memiliki kamera yang dikendalikan oleh layar sentuh dengan kontrol gerakan menggunakan kontroler X-box. Testudo termasuk robot lincah, karena dengan ukuran mungilnya robot ini dapat menjelajahi sebuah ruangan hingga kesudut-sudut yang tidak terjangkau.

Meskipun robot canggih ini digunakan untuk keperluan perang untuk melindungi pasukan, tetapi alangkah baiknya jika tidak ada perang yang terjadi dan pembuatan robot ini bertujuan hanya untuk kepentingan ilmu pengetahuan semata.

Twendy-One
Headline
Twendy-One adalah robot canggih yang diciptakan untuk membantu atau mempermudah hidup manusia. Robot ini diproduksi oleh Waseda University di Jepang.

Robot ini dapat melakukan tugas harian seperti menyiapkan sarapan dengan mengeluarkan roti dari pemanggang. Membawa makanan dengan nampan. Mampu mengambil dan memegang benda-benda yang kecil, halus, lunak seperti cangkir kertas, plastik, sedotan tanpa membuatnya menjadi hancur.

Kepala Twendy-One berisi dua kamera CCD dan dilengkapi dengan sensor yang bertujuan untuk mendeteksi sentuhan di kepalanya. Robot canggih ini diciptakan untuk mengantisipasi kurangnya tenaga kerja dalam melayani kebutuhan manusia, terutama di Jepang.

Da Vinci Surgical System Robot
Headline
Da Vinci Surgical System Robot adalah robot bedah canggih yang dirancang untuk memperluas kemampuan dokter bedah dan menawarkan pilihan minimal invasif (sebuah prosedur dalam operasi) untuk operasi besar.

Robot besar ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti visualisasi yang unggul, ketangkasan, tingkat presisi yang akurat, kenyamanan ergonomis, kemampuan menyayat 1-2 cm, dan memiliki kamera 3D yang cukup besar.

Da Vinci Surgical System Robot dirancang untuk memperbaiki operasi laraskopi (operasi yang dilakukan di perut atau panggul dengan melakukan sayatan) yang konvensional.

Robot ini telah dikomersilkan untuk dunia kedokteran dengan banderol harga US$1,3 juta dan telah terjual sebanyak lebih dari 1.000 unit di seluruh dunia.

Curiosity
Headline
Bagi Anda yang mengikuti perkembangan penelitian Planet Mars dalam satu tahun terakhir, tentunya tidak asing lagi dengan Curiosity. Ini adalah robot berbentuk mobilrover yang didaratkan di Planet Mars pada Agustus tahun lalu.

Curiosity adalah robot tercanggih yang pernah dibuat oleh NASA. Biaya pembuatannya pun sangat besar, yakni mencapai US$2,5 miliar.

Curiosity beroperasi menggunakan daya nuklir yang membuatnya mampu beroperasi lama. Robot ini punya tangan elektronik dengan bor, laser dan laboratorium untuk mencium jika ada unsur-unsur pembangun kehidupan di Mars. Curiosity mampu pula mendeteksi radiasi Mars dengan akurat.

Level radiasi yang diukur Curiosity akan dikirim ke Bumi dan dianalisis oleh NASA. Ini untuk menentukan seperti apa lingkungan yang akan dihadapi astronot jika suatu saat mereka mendarat di sana.

Robot ini sebelumnya berhasil mengidentifikasi es di dekat kutub utara Mars dan bukti bahwa pernah ada aliran air di planet ini. Mungkin pernah ada suatu masa di mana air banyak terdapat di Mars.

Tujuan utama Curiosity adalah memeriksa bahan utama yang penting untuk kehidupan seperti nitrogen, fosfor, dan oksigen. Namun Curiosity tidak diperlengkapi alat untuk mencari organisme hidup.

Asimo
Headline
Asimo adalah robot canggih yang secara keseluruhan, baik fisik dan fungsinya, dibuat menyerupai manusia. Robot besutan Honda yang memiliki tinggi 130 cm dan bobot 54 kg ini pertama kali diperkenalkan pada 28 April 2011.

Asimo merupakan robot yang canggih dengan desain yang lebih bagus dari pada pendahulunya. Kelebihan Asimo antara lain dapat berjalan dan berlari dengan gerakan yang lebih halus, menerima perintah suara dan mampu membedakan suara, mampu mendeteksi benda yang bergerak, serta dapat mengenali postur tubuh dan isyarat, misalnya mengenali wajah hingga 10 wajah yang berbeda.

Canggihnya lagi, Asimo juga dapat mengenali lingkungan sekitar (misalnya rumah).

Tujuan diciptakannya Asimo adalah untuk membantu tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan 20 unit robot Asimo telah dikirim ke rumah sakit dan panti jompo di Jepang untuk membantu para petugas di sana.

Komentar

Postingan Populer