Golongan Orang yang Sedikit dan Air Mata Doa

Labbaika Allohumma Labbaik, Labbaika laa syarika laka labbaik, innal hamda wan ni'mata laka wal mulk, laa syarii kalak. "Aku penuhi panggilan MU ya Allah, Aku penuhi panggilan MU ya Allah. Tidak ada sekutu bagi MU, sesungguhnya pujian dan nikmat adalah milik MU. Tidak ada sekutu bagi MU.

Kalimat Talbiyah pelepasan keberangkatan haji selalu menguras emosi. Dikarenakan harapan semua jamaah baik yang pergi maupun yang melepas untuk selalu mencari ridha Allah SWT.

Dalam keterbatasan kuota tahun ini dikarenakan renovasi besar masjidil Haram), Alhamdulillah saya termasuk menjadi salah satu tamu Allah yang sangat bersyukur. Betapa jutaan jamaah menunggu kuota dari berbagai sudut daerah di Indonesia bahkan Dunia untuk melaksanakan ibadah eksklusif yaitu Haji. Ya karena hanya bisa dilaksanakan di tempat tertentu (Makkah), dan juga khusus di waktu tertentu (bulan haji).

Dari berjuta-juta manusia yang berniat haji, kami menjadi golongan yang sedikit di tahun ini yang terpilih untuk memenuhi undangan Allah SWT. Berbicara mengenai golongan yang sedikit. Teringat satu doa yang berbunyi "Allohummaj'alni min 'ibadikaal qoliil. Ya Allah jadikanlah aku golongan dari hamba-hambu MU yang sedikit”. 

Doa ini dahulu dipanjatkan oleh seorang pemuda yang sedang berthawaf, pemuda tersebut mengulang-ngulang doa tersebut yang akhirnya memancing sahabat Umar RA untuk bertanya "kenapa engkau berdoa seperti itu?", maka pemuda tersebut menjawab teringat surah dalam Alquran, Allah SWT menyatakan dalam surah Al Araf 10, surah Hud 40, atau surah Saba 13. Yang menyatakan hanya sedikit orang-orang yang bersyukur. 

Seperti dalam surah Al Araf ayat 10; "Sesungguhnya Kami telah menempatkan Kamu sekalian di muka Bumi dan Kami adakan bagimu di muka Bumi (sumber) penghidupan, Amat sedikit lah Kamu bersyukur". Atau dalam surah Hud ayat 40; "dan tidak beriman bersama Nuh itu kecuali sedikit"

Diakhiri air mata doa mengiringi langkah tamu-tamu Allah yang semringah. Langkah pejuang-pejuang ridho Allah. Jangan takut atau merasa tidak berkemampuan untuk berangkat haji, Insya Allah, Allahyang akan memampukan kita. Kuatkan niat untuk berhaji, karena faktanya Allah sendiri yang akan memilih tamu NYA. 

Banyak dari mereka yang mempunyai harta yang banyak, kedudukan yang tinggi, tapi tidak bisa berhaji. Malah tidak sedikit orang-orang yang kurang harta, tidak lengkap panca indranya, dan sebagainya yang berhaji. Namun hanya sedikit orang-orang yang kuat niatnya untuk berhaji dengan cara mengimplementasikan amalan haji dalam keseharian seperti memuliakan tamu, ikhlas, berzuhud, dsb. 

Ya, hanya sedikit yg bersyukur, sedikit yang bangun di sepertiga malam utk qiyamul lail, hanya sedikit yang patuh, yang mendapat nikmat patuh, mari menjadi golongan yang sedikit! Insya Allah.

Ustaz Erick Yusuf
@erickyusuf
Pendiri yayasan dakwah iHAQi

Komentar

Postingan Populer