9 Warisan Sejarah Ini Musnah Bila Suriah Diserang

Headline
Suriah adalah negara yang sering ditulis dalam sejarah. Negara yanterletak di sebelah selatan Turki dan utara Yordania ini punya budaya dan peninggalan khas Mediterania.

Sejak 20 tahun lalu, pertikaian yang tidak juga selesai membuat banyak hal porak poranda diantaranya ribuan orang tewas, warisan budaya yang bersejarah juga banyak yang hancur.
Inilah gedung atau warisan budaya yang mungkin terancam jika Suriah diserang AS, seperti dirangkum oleh Deutche Welle.

1. Kota Tua Aleppo
Sejak Juni 2013 UNESCO menempatkan enam monumen kebudayaan yang istimewa di Suriah pada daftar situs kebudayaan dunia yang terancam. Di antaranya kota tua Aleppo, yang hancur akibat bentrokan. Aleppo punya sejarah panjang. Di akhir abad ke-19 Sebelum Masehi, Aleppo untuk pertama kalinya muncul dalam tulisan-tulisan. Dengan lokasinya di Laut Tengah, Aleppo adalah tempat pertemuan berbagai kebudayaan.


2. Pasar Souk
Aleppo punya kawasan yang sangat tua dan bersejarah yaitu pasar Souk,pasar terbesar di kawasan tersebut. Dengan lahan seluas 350 hektar,pasar itu mencakup sejumlah besar jalan yang jadi pusat perbelanjaandan ratusan kaki lima. Memang pusat kota dilindungi tembok sepanjanglima kilometer. Tahun 2012 Souk dibakar.


3. Benteng Aleppo
Selama perang saudara, situs warisan budaya sering disalahgunakan karena strategis. Misalnya benteng Aleppo, sebuah benteng bersejarahdi atas bukit di tengah kota tua Aleppo. Kekaisaran Seleukia, dinastisetelah Iskandar Agung mendirikan benteng itu tahun empat Sebelum Masehi (SM). Juga orang Yunani, Roma, Persia, Bizantinum dan Osmania membangun tempat pemujaan di atas bukit itu.

4. Kota Tua Damaskus
Kota tua Damaskus yang sudah dihuni sejak 4.000 tahun lalu juga bagian dari warisan budaya UNESCO. Sebelum mulainya perlawanan terhadapBashar al Assad, kota tua ini masuk dalam agenda kunjungan wisatawan dengan pasar-pasar, rumah makan, gereja dan mesjid. Tahun 2013 kota tua ini menjadi sasaran bom.

5. Palmyra
Kota oase Palmyra juga terancam. Gapura kemenangan masih berdiri,tetapi beberapa lokasi arkeologis sudah dirampoki. Palmyra menjad isimbol asitektonis Suriah. Jalan utama dengan pilar-pilar Korintus, gapura kemenangan dinasti Severus dan tembok pelindung kuil dewa Baaltampak jadi sasaran tembakan.

6. Krak des Chevaliers
Bangunan bersejarah yang dulunya benteng tentara Eropa yang ikut Perang Salib ini juga ada di daerah perang. Tahun 1099 tentara PerangSalib untuk pertamanya tiba di puri itu dalam perjalanan ke Yerusalem. Kondisi puri itu saat ini kurang jelas. Menurut pemberontak puri dibom angkatan udara Suriah. Kabarnya puri itu digunakan Pasukan Pembebasan Suriah.

7. Reruntuhan Amfiteater di Bosra
Laporan penghancuran semakin bertambah. Di samping Aleppo danDamaskus, kota tua Bosra juga terancam. Amfiteater selama ini dianggapsalah satu peninggalan teater Roma yang paling baik kondisinya, musisidan orkestra dari seluruh dunia memuji akustiknya. Teater ini diubahmenjadi benteng Arab di abad ke-12.

8. Kota Mati
Situs yang dikenal sebagai "Kota Mati" juga tercantum dalam daftarmerah. Di Jerada, di pemukiman seperti desa di Suriah utara iniberdiri banyak rumah dari masa Bizantinum. Reruntuhan bangunan antikdi Jerada dalam kondisi sangat baik sebelum perang saudara mulai. Tapisejak bentrokan terjadi, sebagian terbakar dan sebagian dirampoki.

9. Museum
Museum-museum Suriah juga dramatis. Banyak di antaranya berlokasi didaerah tempur, misalnya musium di Idlib, yang menyimpan sejumlah besarlempengan batu bertulisan dari Ebla yang tak ternilai harganya. Sejak2011 sejumlah lempengan batu itu dipindahkan dari museum di Damaskusdan Aleppo ke tempat penyimpanan di bank negara.

Komentar

Postingan Populer