10-12-1901: Hadiah Nobel Pertama Kali Diselenggarakan

Penganugerahan Hadiah Nobel untuk kali pertama berlangsung di Stockholm, Swedia. Dalam acara pertama ini, hadiah diberikan bagi mereka yang berkarya di bidang fisika, kimia, medis, sastra, dan perdamaian. 
Suasana Stockholm City Hall saat Nobel Prize Dinner
Menurut The History Channel, acara itu bertepatan dengan peringatan lima tahun meninggalnya Alfred Nobel. Dia adalah pencipta dinamit dan alat peledak lain asal Swedia.

Dalam wasiatnya, Nobel menghibahkan sebagian besar dari kekayaannya sebagai hadiah bagi mereka yang hasil karyanya memberi faedah besar bagi kemanusiaan. Pemberian hadiah ini harus berlangsung setiap tahun dalam suatu acara khusus.

Nobel tidak menjelaskan alasan mengapa dia menghibahkan kekayaannya untuk acara itu. Namun, banyak yang meyakini bahkan keputusan itu sebagai ungkapan penyesalan Nobel, karena hasil karyanya justru lebih sering digunakan untuk kepentingan perang. 

Nobel wafat pada 10 Desember 1896 pada usia 63 tahun. Wasiatnya itu baru bisa diwujudkan lima tahun setelah dia wafat. Kini, Hadiah Nobel menjadi penghargaan paling prestisius di dunia dalam berbagai bidang. 

Beberapa tokoh dunia, mulai para ilmuwan, aktivis, hingga pemimpin telah menerimanya --seperti Marie Curie, Theodore Roosevelt, Albert Einstein, George Bernard Shaw, Winston Churchill, Ernest Hemingway, Martin Luther King, Jr., the Dalai Lama, Mikhail Gorbachev, dan Nelson Mandela. 

Hadiah Nobel untuk hampir semua kategori diputuskan dan diberikan di Swedia. Namun, untuk kategori Perdamaian, pemenang Hadiah Nobel ditentukan dan diberikan di Norwegia. (art)

Komentar

Postingan Populer