Arsitektur Kota Bawah Tanah Terbaik

Biasanya, manusia membangun gedung-gedung tinggi agar lebih jelas memandang bintang di angkasa. Namun, beberapa kali manusia juga senang membangun tempat tinggal jauh di bawah tanah.

Tak ada yang tahu persis bangunan yang dibuat di dalam tanah diperuntukan untuk apa. Mungkin untuk perlindungan atau menunjukkan bahwa manusia juga bisa tinggal di dalam tanah. Entahlah.

Namun, di dunia ini ada beberapa kota bawah tanah yang dipakai manusia sebagai tempat tinggal.

Berikut sembilan arsitektur kota terbaik yang dibangun di bawah tanah, yang dikumpulkan io9, Selasa 7 Januari 2014.

1. Petra, Yordania
Petra merupakan bangunan yang dipahat dari bebatuan di dasar gunung yang berlokasi di Yordania. Diperkirakan bangunan itu dibangun oleh bangsa Nabataeans atau Nabath —sekelompok bangsa Arab kuno yang menetap di daerah Yordania pada abad ke-2.

Sekarang, Petra menjadi simbol negara Yordania. Bahkan, majalah Smithsonian menjadikan Petra sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi sebelum seseorang meninggal dunia.

2. Desa Barry Troglodyte, Prancis

Barry Troglodyte adalah sebuah desa yang terukir di bebatuan di lereng bukit di wilayah sungai Rhone, Perancis. Diperkirakan desa itu ditempati oleh manusia selama ratusan tahun.

Beberapa ukiran di batuan bergambar wajah manusia yang sudah menjadi tengkorak. Sangat menyeramkan. Namun, gambar itu hanya terletak di pintu masuk bangunan, sementara di dalamnya seperti gua, terdapat ruangan-ruangan yang nyaman.

3. Terowongan Moose Jaw, Kanada
Di bawah jalanan kota Saskatchewan, Kanada, terdapat sebuah terowongan bawah tanah rahasia. Di dalam terowongan yang diberi nama Moose Jaw itu terdapat ruangan yang difungsikan sebagai toko, pabrik, rumah, dan jalur penyelundupan.

Konon, terowongan Moose Jaw dipakai oleh Al Capone untuk menyelundupkan minuman keras. Ada juga rumor yang mengatakan terowongan itu dipakai oleh imigran asal China untuk bersembunyi dan menjadi tempat tinggal pada abad ke-19 dan 20. 

4. Terowongan Leavenworth, AS
Di kota Leavenworth yang terdapat di Kansas, Amerika Serikat, ditemukan sebuah terowongan yang luasnya hanya sekitar tiga blok perumahan. 

Tidak jelas ruangan bawah tanah itu digunakan untuk apa. Tapi, beberapa peneliti yakin, terowongan bawah tanah itu adalah rumah bagi para budak yang melarikan diri dan bersembunyi dari pihak berwenang.

Beberapa peneliti juga yakin, terowongan itu difungsikan sebagai pabrik pembuat minuman keras pada tahun 1920-an.

5. Kota bawah tanah Derinkuyu, Turki

Derinkuyu merupakan kota bawah tanah yang terletak di wilayah Cappadocia, Turki. Kota yang terletak berada di kedalaman 60 meter di bawah tanah itu mampu menampung sekitar 20.000 orang.

Diperkirakan kota bawah tanah Derinkuyu dibangun pada abad ke-7 sampai 8, dan difungsikan untuk melindungi penduduk dari penganiayaan dan perampokan.

Di Turki, terdapat beberapa kota bawah tanah, namun yang paling terkenal dan terbesar adalah Derinkuyu. Turki memang terkenal dengan kondisi tanah vulkanik yang lembut, sehingga memudahkan manusia untuk menggali dalam waktu cepat.

6. Kota bawah tanah Montreal, Kanada

Ini komplek bawah tanah yang diklaim terbesar di dunia, terletak di Montreal, Quebec, Kanada. 

Kota yang terletak di bawah tanah ini memiliki luas 33 kilometer persegi dan menghubungkan antara pusat perbelanjaan, apartemen, hotel, kondominium, bank, kantor, museum, universitas, terminal bus, dan stasiun kereta.



7. Cheyenne Mountain, AS
Bangunan Cheyenne Mountain merupakan sebuah bunker yang digunakan sebagai tempat berlindung dari serangan nuklir pada Perang Dingin. Letaknya di wilayah Colorado, Amerika Serikat.

Cheyenne Mountain memiliki luas 5,1 hektar yang mulai dibangun pada 18 Mei 1961 dan selesai pada 8 februari 1966. Bunker ini dirancang agar mampu menahan ledakan nuklir yang berukuran 30 megaton. 

8. Terowongan Beijing, China

Sama seperti Cheyenne Mountain, terowongan Beijing merupakan sebuah bunker yang dibangun pada Perang Dingin untuk bersembunyi dari serangan nuklir. 

Terowongan yang terletak di bawah kota Beijing, China, itu memiliki luas 85 kilometer. Terowongan mempunyai 90 pintu masuk yang tersembunyi di dalam toko-toko di jalan Qianmen. Saat ini, Terowongan Beijing dijadikan tempat wisata oleh turis lokal dan mancanegara.

9. Terowongan Portland, AS
Di wilayah Portland, Oregon, Amerika Serikat, terdapat sebuah terowongan bawah tanah yang luas. Terowongan yang juga dikenal dengan nama 'Shanghai Tunnels' menghubungkan antara hotel dan bar-bar di wilayah tepi sungai Willamette. Tersembunyi dan rahasia. (umi)

Komentar

Postingan Populer