Polar Vortex, Apakah Itu?

Polar Vortex mengakibatkan suhu udara dingin yang sangat ekstrim. Bahkan paling dingin dalam 20 tahun terakhir di kawasan tengah dan pantai Timur Amerika.
Polar Vortex menyebabkan air terjun Niagara di bagian wilayah Amerika membeku. Foto diambil dari Ontario, Kanada, pekan lalu. - (Reuters)
Sebuah sistem cuaca yang dikenal sebagai Polar Vortex atau Pusaran Kutub membawa cuaca dingin yang berbahaya ke sebagian besar Amerika, mulai Selasa (7/1) pekan lalu.

Polar Vortex adalah sistem bertekanan rendah yang tebal dan dingin. Udara berubah arah sewaktu bergerak. Polar Vortex ini dimulai di Kanada. Setelah melintasi perbatasan, pusaran itu bergerak jauh ke Amerika tenggara.

Polar Vortex mengakibatkan suhu paling dingin dalam 20 tahun terakhir ke banyak kawasan di Amerika, demikian lapor Reuters.

Anise Jenkin, seorang warga yang tinggal di Washington DC mengatakan, "Saya sudah mengenakan mantel, tiga sweater, dua blus dan pakain dalam khusus musim dingin, tapi saya merasa seperti tidak mengenakan apa-apa."

Cuaca sangat dingin itu juga mengejutkan pengunjung dari luar negeri. Seperti Deepak dari India mengunjungi saudaranya di New York.

"Air mata baru saja mengalir dari mata saya dan kepala saya seperti membeku," kata Deepak seperti dilansir VOA.

Cuaca ekstrim itu dimulai dengan sistem tekanan rendah di dekat Kutub Utara. Udara kutub itu berhembus ke selatan dengan angin kencang. Udara dingin itu melumpuhkan sebagian besar Amerika tengah, memaksa sekolah, kantor pemerintah dan bisnis tutup.

Tapi Polar Vortex tidak memiliki dampak yang yang sama di wilayah lain.

Camden Walker, wartawan Washington Post menjelaskan, "Yang menarik, iklimnya justru lebih hangat di Alaska dan di Greenland karena ketika udara dingin di Kutub Utara dan sekitarnya terkuras, dan berhembus ke selatan, tidak ada lagi yang tersisa. Pada dasarnya ini adalah gelembung yang berhembus ke arah kami di AS."

Walker mengatakan, sistem cuaca itu bergerak dengan cepat ketika lewat tempat seperti Washington. Tapi udara dingin dan angin kencang bertahan lebih lama di Amerika tengah.

Setidaknya 20 orang tewas karena cuaca dingin itu. Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang tidak berada di luar ruangan lebih dari 20 menit.

Suhu -10 derajat Celcius atau lebih rendah dilaporkan terjadi di Washington, New York, Boston, dan Philadelphia. Bahkan suhu di semua atau sebagian dari 50 negara bagian sempat berada di bawah titik beku.

Pengaruh Polar Vortex sangatlah luas. Perusahaan penerbangan membatalkan lebih dari 11 ribu penerbangan selama empat hari. Cuaca dingin juga mengganggu layanan kereta api.

Di selatan, Tennessee Valley Authority mencatat rekor penggunaan energi listrik tertinggi karena pemilik rumah berjuang untuk tetap hangat. Mereka dengan memasang mesin penghangat mereka pada tingkat maksimum.

Dan bukan hanya Amerika Utara yang mengalami dingin yang ekstrim. Di Samudra Pasifik, kapal penelitian Rusia terjebak dalam es selama lebih dari seminggu.

Kapal Shokalskiy meninggalkan Selandia Baru pada 28 November 2013. Kapal itu mengangkut 52 penumpang ketika terjebak. Mereka diselamatkan tanggal 2 Januari, ketika sebuah helikopter menerbangkan mereka ke sebuah kapal pemecah es Australia. [mor]

Air Terjun Niagara Membeku, Ini Foto-fotonya

(autoexpress.co.uk)

Polar Vortex, aliran kuat udara dingin yang berputar di jarak puluhan ribu kaki di bawah atmosfer, juga ikut membekukan salah satu air terjun terindah di dunia. 

Kumpulan foto-foto luar biasa menggambarkan bagaimana air di Niagara membeku sebelum mencapai permukaan air di bawahnya.
 The US side of the waterfall is covered in a sheet of ice [REUTERS]
Pemandangan luar biasa dan langka ini disebabkan oleh Polar Vortex, fenomena alam berupa aliran besar udara dingin yang berputar di jarak puluhan ribu kaki di bawah atmosfer. Fenomena ini juga menyebabkan sebagian besar wilayah di AS membeku.

Di New York, misalnya, sempat tercatat suhu hingga -15,5 derajat Celcius, atau terendah selama lebih dari 100 tahun terakhir, sejak -14 derajat Celcius pada 1896. Di Comertown, Montana, suhu bahkan mencapai -53 derajat Celcius.
 The spectacle is expected to come to an end over the next few days [REUTERS]
Express melansir, Polar Vortex juga telah menyebabkan 21 korban jiwa di seluruh wilayah AS hingga pekan terakhir.
Ice chunks and water flow over the falls
Penduduk dari banyak negara bagian AS telah diperingatkan bahwa mereka berisiko mati membeku dalam hitungan menit jika memaksa berada di luar ruangan.

Komentar

Postingan Populer