Saat Dunia Sambut Resolusi 4K, Jepang Uji Coba 8K

Saat dunia menyambut kehadiran display beresolusi 4K, ternyata Jepang selangkah lebih maju dengan melakukan uji coba teknologi beresolusi 8K. Seperti apa?
(ubergizmo.com)
Stasiun televisi nasional Jepang NHK, baru saja melakukan uji coba sebuah siaran video dengan resolusi 8K atau 7.680 x 4.320 piksel.

Dalam uji coba siarannya itu, NHK mengirim sinyal Super Hi-Vision tanpa kompresi kereceiver yang berjarak 27 kilometer menggunakan saluran TV UHF TV.

“Kesuksesan dari eksperimen ini adalah sebuah langkah besar ke depan untuk merealisasikan siaran 8K Super Hi-Vision,” ujar Tomohiro Saito, peneliti di NHK Labs.

Ubergizmo melansir, resolusi 7.680 x 4.320 piksel yang diusung teknologi 8K ini setara lima lusin foto berkekuatan 32 megapiksel yang dikirim tiap detik.

Jika dibandingkan, 8K yang mereka sebut Super Hi-Vision itu, menawarkan ketajaman 16 kali lipat lebih tinggi dari resolusi Full-HD, atau empat kali lipat dari teknologi 4K Ultra-HD.

Menanggapi keberhasilan NHK, analis dari Macquarie Securities Tokyo, Damian Thong, mengemukakan pendapatnya. Menurutnya, peralihan dari 4K ke 8K akan memakan biaya besar bagi para penyedia konten.

“Migrasi 4K masih akan berjalan hingga dekade berikutnya. Karena itu, teknologi 8K tidak akan menjadi mainstream, kemungkinan hingga tahun 2030,” ujar Thong. [mor]

Komentar

Postingan Populer