Batuk Pilek Itu Bagus

Penyakit batuk dan pilek pada anak merupakan hal yang biasa dan sering dialami oleh anak-anak.

Menurut ilmu Naturopathy, batuk & pilek tidak selalu merupakan reaksi negatif tubuh, bahkan itu merupakan bagian dari reaksi positif tubuh untuk mengeluarkan kelebihan toksik atau racun yang bertumpuk pada saluran pernapasan sering terjadi.

Produksi slem (lender/dahak) ketika mengalami batuk/pilek merupakan proses positif tubuh dalam membuang toksik atau racun, walaupun prosesnya sering tidak nyaman.

Tugas kita adalah membantu proses tubuh agar ketidaknyamanan itu tidak berlangsung terlalu lama. Apabila gejala ini diatasi dengan baik dan benar, batu & pilek akan dengan cepat sembuh.Cara penanganan batuk & pilek pada anak:
  1. Usahakan minum air putih hangat sesering mungkin, ini akan membantu proses pengeluaran slem lebih cepat.
  2. Berikan orange jus (jus jeruk + madu dengan royal jelly dua kali dalam satu hari, pagi dikala perut kosong dan malam sebelum tidur.
  3. Suruh menghirup uap air panas yang dicampur beberapa ramuan herbal pagi dan sore hari selama 10-15 menit atau semampunya, (cara membuatnya: didihkan 1 liter air, lalu campurkan 1 ibu jari potongan jahe + sejumput cengkeh + 1 sendok makan garam + sedikit mint kalau ada). Uap air inilah yang dipakai sebagai obat inhalasi untuk melonggarkan saluran napas dan mengeluarkan slem (lender/dahak).
  4. Kompres hangat di sekitar hidung, kening, muka dan bagian dada (caranya, gunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air panas lalu diperas dan ditempelkan pada bagian itu) selama 30 menit sampai 1 jam.
  5. Memijat pada bagian muka terutama pada sekitar mata dan kening dengan minyak bayi (baby oil). Pijat juga pada bagian dada dan punggung belakang dengan minyak hangat.
  6. Bikin obat batuk dengan ramuan alami sendiri, caranya: didihkan 4 gelas air, lalu campurkan 1 ibu jari jahe, 1 ibu jari laos, 1 ibu jari kayu manis, 2 batang serai, semuanya diiris-iris, lalu tambahkan 6 lembar daun sirih yang dipotong-potong dan sejumput cengkih. Biarkan hingga sisa air tinggal 2 gelas. Lalu minum 1 gelas pagi dan 1 gelas sore/ malam ditambah dengan 2 sendok makan madu.
  7. Ketika anak tidak ada selera makan, berikan air madu hangat sesering mungkin ditambah dengan jus buah-buahan secukupnya.
Oleh: Yudhistira Adi Maulana, Penggagas rumah sehat Bekam Ruqyah Centre Purwakarta yang berasaskan pengobatan Thibbunnabawi.

Komentar

Postingan Populer