Musuh-musuh Batman

Musuh Batman di The Long Halloween dan Dark Victory. Setiap musuhnya punya filosofi yang unik, yang dengan support filosofi  lain menjadi make sense..

Joker. 
Insanity nya membuat dia menjadi orang yang tidak punya pola, random, dan dia percaya bahwa dunia itu smua adalah lawakan.. Di The Killing Joke, kita bisa liat evolusi Joker yang karena tertekan dgn ketertiban dan keamanan yang harus didapat, justru bikin dia jd gila..

Saat org terlalu serius dgn keteraturan, mereka gak akan bisa free untuk explore diri mereka dan hidup sebaik-baiknya. Hidup menjadi untuk aturan, bukan hidup untuk hidup. Joker? Dia hidup untuk hidup. Tapi kebablasan.

Awalnya Joker itu adalah seorang pekerja biasa yg merasa berbakat di bidang Stand Up Comedy.. Dia punya istri, kehidupan yg lumayan layak tapi pas-pasan, dan waktu itu istrinya sedang hamil. Dgn diyakinkan oleh istrinya, dia keluar dari pekerjaannya, dan mencoba peruntungannya di dunia stand up comedy.


Di malam pertama stand up yg dia lakukan, dia gagal sepenuhnya. Tidak ada yg tertetawa pas dia jadi comics.

Tapi dia butuh banget duit itu.. Dia hrs kasih mkn istri dan calon anaknya plus dia harus pindah rumah krn flatnya ga bakal cukup bertiga. So, pas dia lagi nongkrong di bar, dia ketemu dua org yg bakalan ngasih duit sebanyak-banyaknya buat dia kabur dan bikin hidup baru ama istrinya. 

Cuma satu hal yg harus dia lakukan: masuk ke pabrik lamanya sebagai buruh di pabrik obat dan ngambil sebuah obat super buat mereka. Krn hidup dia awalnya baik-baik , dia hampir menolak pekerjaan itu.. Tapi teringat istrinya, dia pilih buat seal the deal. Akhirnya, dia siap-siap. Sebulan dia nyiapin semuanya.. Everything goes well sampe sehari sebelum kerjaan dimulai dia dapet berita dr polisi..

Pas di bar, tiba-tiba 2 org polisi datang dan memberi tahu dia, bahwa istrinya mati kesetrum air yang tumpah dari electric heater pas mau bikin susu. Polisi itu sempet bilang, "It's a one in a million chance, but it happens.." Disitu dia kehilangan alesan buat lakuin kerjaan itu..

Tapi dia tidak bisa mundur. The deal has been sealed dan bsknya dia ke pabrik lamanya bareng sama 2 orang supervisornya itu. Di pabrik, dia dipaksa mencuri pake red hood. Ternyata, security di pabrik sudah lebih ketat. Tidak seperti dugaan awalnya yang low security. Seorang supervisornya kemudian mati.. Dia take cover bersama supervisor lainnya tapi sayang dia ikutan tertembak.


Akhirnya pas si to-be-Joker ini lari, dia hampir ketembak dan tersandung tercebur ke toxic waste yang dihasilkan pabrik itu.. Sekeluarnya dia dari toxic waste itu, dia buka red hoodnya dan disitulah dia snapped off. Dia jadi gila and thus, born the Joker. Toxic Waste itulah yang akhirnya jadi air baptis The Joker.. Dia langsung berubah, berambut hijau, berkulit seputih kertas, dan berbibir merah..

Two Face. 
Berawal dari Harvey Dent, salah satu District Attorney terhebat.. Org ini selalu melihat hitam da putih, gak pernah melihat dunia itu abu-abu. Selalu benar atau salah aja. Padahal dunia itu gak selalu hitam atau putih, jelek atau bagus, benar atau salah.. Bayangin aja Robin Hood.. Dia nyuri untuk dikasih ke org lain. Salah? Benar? Trgantung point of viewnya. Dan hukum tidak selalu hitam atau putih.. Ada abu2, di asas keadilan.

Krn dia selalu melihat seperti itu, semuanya ditempatkan dalam sebuah koin.. One scarred, one clean..
Keyakinan ini makin kuat saat Carmine "The Roman" Falcone berhasil nyiram mukanya Dent pake acid. Di saat itulah, Batman kehilangan teman satu2nya. Saat telah terjadi, dia tidak percaya siapapun kecuali Dent dan Dent alone. Harvey merasa bahwa dalam dirinya jg ada dua muka, baik n buruk. All in a coin..

Jeremiah Arkham a.k.a The Black Mask.
Jeremiah Arkham ini keponakan dari pendiri Arkham Asylum; Amadeus Arkham.. Untuk memahami kegilaan Jeremiah, kita musti tau cerita Amadeus. (Courtesy of Arkham Asylum: A Serious House on Serious Earth) Sebelum Arkham Asylum jadi RSJ, itu tadinya merupakan rumah Amadeus Arkham..

Di sana, dia hidup bareng ibunya; Elizabeth Arkham yg ternyata sakit2an dan schizophrenic. Amadeus sendiri akhirnya jadi yatim piatu saat ia lihat ibunya "bunuh diri" dgn cara makan kumbang hercules. Amadeus yg trauma kemudian kuliah di Metropolis (kotanya Superman) dan jadi psikiater.. Di sana ia ketemu istrinya dan menikah. Selama di Metropolis, dia sempet kerja di RSJ lokal.. Disanalah dia ketemu dgn Martin "Mad Dog" Hawkins.


Dia sempet bingung sama Mad Dog, tapi itu cuma sambil lalu.. Alesannya dia bljr psikiatri jelas: dia pengen tau knp ibunya bunuh diri. Dan dia mau mencegah kejadian seperti itu terjadi lagi. Lama berselang, kemudian istrinya nawarin dia buat pindah ke Gotham, ke Arkham House lagi. Dengan idealismeny, dia ubah Arkham House.


Arkham House kemudian bersalin nama jadi Elizabeth Arkham Asylum.. Dgn pasien pertama si Martin Hawkins yg kabur dr Metropolis. Martin Hawkins dtg dgn cara yg buruk ke Gotham.. Di sana hal pertama yg dia lakuin adalah memperkosa dan membunuh anak istri Amadeus.


Disitulah kemudian Amadeus merawat Martin Hawkins selama bbrp saat. Cuma untuk kemudian dieksekusi di Kursi Listrik Asylum. Amadeus kemudian berkeyakinan demikian: org gila itu gak bisa disembuhkan. Yg ada cuma bisa dibunuh dan dibalas kelakuannya. Akhirnya, dia desain Arkham Asylum jadi RSJ sekaligus penjara.. In the progress, dia berhasil nemuin diary ibunya, Elizabeth.


Di diary itu, ketauan bahwa trnyata ibunya berhalusinasi tentang kelelawar magis.. Di situlah ia berusaha untuk mendalami lagi. Dia paham skrg knp ibunya dulu bunuh diri dgn makan beetles. Beetles ternyata tanda kematian dan kelahiran lagi. Elizabeth berharap bisa kaya begitu.

Sayangnya, dia jalan terlalu dalam. Amadeus kemudia menggila dgn mempelajari ilmu2 dark magic dan akhirnya jadi gila sendiri. Dia berharap dgn magic itu dia bisa ngilangin magic bats yg dulu menghantui ibunya.. Dia ditahan (ironically) di Arkham Asylum.

Akhirnya Amadeus mati dgn tidak tenang setelah dia ukir mantra gelapnya itu di lantai asylum memakai kukunya sendiri. Long after, masuklah Jeremiah Arkham yg menggantikan pamannya sbg caretaker dan president of Arkham Asylum. Di tangan Jeremiah, Arkham semakin mengukuhkan dirinya sbg asylum terspesialisasi.. Elizabeth Arkham Asylum pun berubah nama lagi. Kali ini jadi Arkham Asylum for the Criminally Insane.. Di sini, makin jelaslah bahwa dia bener2 fix jdi maximum security prison. 

Dia berusaha nyembuhin satu per satu kriminal yg masuk ke Arkham.. Mulai dari Raggedy Man, Calendar Man, Two Face, Riddler, hingga Joker. Dia percaya mereka bisa disembuhkan.. Meskipun mrk sering bsa kabur dan dibawa lagi ke Arkham Asylum sama Batman.

Jeremiah makin lama makin cape, hingga satu saat dia nemuin diary nya Amadeus Arkham, pamannya. Setelah dia baca, dia dapet "pencerahan" ekstrem: Batman lah magical bat yang menghantui Elizabeth dan Amadeus Arkham dulu.

Disitulah dia berobsesi membunuh Batman dan menjadi Black Mask.. Dia bahkan nyewa 8 assasins buat ngebunuh Batman.


Content from Twitter
(Courtesy of Arkham Origin) Ke8 assasins itu adalah: Deadshot, Firefly, Copperhead, Bane, Electrocutioner, Deathstroke, dan 2 unknown..

Komentar

Postingan Populer