Gugah Selera dengan Cara Minum

Minuman jika disajikan dengan cara yang unik dan penuh seni, akan jauh berbeda hasilnya. Bukan hanya sekadar pelepas dahaga, tapi juga mempunyai efek menenangkan, menyenangkan, dantak terlupakan. Ingin mencoba? Intip resep dari Chef I Made Budiarsa Penditini.
republika.co.id
1. Teh dan Kopi

Biasanya, teh dan kopi cukup disajikan dalam cangkir, dengan tatakan plussendok teh. Coba cara baru untuk menyajikan minuman yang satu ini. Suguhkan teh atau kopi tanpa gula. Letakkan cangkir di atas baki kayu yang unik.

Sebarkan daun teh kering di atas baki atau biji-biji kopi disekitar cangkir. Sertakan gelas-gelas kecil bening berisi krim cair dan gula kristal. Jadi Anda ataupun tamu yang datang bisa menentukan sendiri rasa teh sesuai dengan selera. Penderita diabetes pun bisa mengatur takaran gula mereka.
Selain cangkir, letakkan sendok teh untuk mengaduk. Celupkan sendok teh terlebih dulu pada cokelat putih yang meleleh, lalu dinginkan. Selain menggunakan sendok cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengaduk teh menggunakan batang kayu manis.

Untuk lebih nikmat, celupkan kayu manis terlebih dulu dengan cokelat putih atau gula. Teh atau kopi yang diaduk dengan kayu manis akan terasa lebih beda. Sembari menikmati teh atau kopi, Anda juga bisa menikmati bread cheese stick yang terasa gurih atau cokelat stick yang terasa legit. Terbayang kan nikmatnya?

2. Wedang Jahe dan Cengkeh

Ada cara membuat wedang jahe lebih kuat rasa dan aromanya. Pertama, bersihkan jahe, lalu masukkan ke dalam arang yang membara (bukan di atasnya) agar minyak tidak menguap. Dinginkan, kupas, lalu rebus bersama air hingga matang dan berwarna kuning.

Untuk satu gelas air jahe dibutuhkan kira-kira 20 gram jahe.Tuangkan wedang ke dalam gelas beserta jahenya, masukkan sejumput cengkeh ke dalam gelas. Celupkan sebatang serai untuk pengaduk dan hiasi gelas dengan irisan jahe. Kemudian, suguhkan wedang jahe dengan gelas kecil berisi madu,gula merah serut, serta jahe. Taburkan cengkeh ke atas baki. Dijamin akan menambah kenikmatan Anda meminum wedang.

3. Lemon Tea

Untuk membuat rasa lemon tea berbeda, suguhkan dengan sejumput cengkeh dan sebatang serai sebagai pengaduk. Sisipkan hiasan dari irisan jeruk dan daunmint di sisi gelas. Sertakan sirup gula, air jeruk nipis, dan madu. Jika Andamenyuguhkan ice lemon tea, segelas es batu bisa juga disertakan. Taburkancengkeh di baki. Aroma dan rasanya yang khas, akan membuat lemon tea terasabeda.

4. Orange Juice

Suguhkan orange juice dengan irisan jeruk serta daun mint sebagai hiasan.Celupkan sebatang serai sebagai pengaduk. Di sisi gelas, sertakan gelas-gelas kecil berisi air jeruk nipis dan sirup gula. Sebarkan kuaci di atas tatakan atau baki. Sambil ngobrol, tak lupa menikmati kuaci.

5. Lime Squash

Suguhkan lime squash, air jeruk nipis dengan air soda, dengan irisan jeruk,serta daun mint sebagai hiasan. Celupkan sebatang serai sebagai pengaduk. Di sisi gelas, sertakan gelas-gelas kecil berisi air jeruk nipis dan sirup gula.Sebarkan bunga pekak di atas tatakan atau baki.

6. Fruit Punch

Penggemar jus buah, Anda bisa mengombinasikan jus jambu merah, nanas, jeruk,atau buah lainnya sebagai bahan punch buah. Celupkan sebatang serai sebagai pengaduk dan hias gelas dengan potongan buah. Sertakan gelas kecil berisi sirup merah.

Sumber : lov/republika

Komentar

Postingan Populer