Pisang

Buah yang satu ini memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Namun, itu bukan alasan untuk tidak mengkonsumsinya. Ya, pisang adalah jenis buah-buahan tropis yang tinggi akan serat dan sederet nutrisi lainnya yang baik bagi Anda yang gemar berolahraga.

Tentu saja pisang juga lezat untuk dikonsumsi dalam bentuk apapun. Masih ragu mengkonsumsinya setiap hari? Simak alasan-alasan Anda harus mengkonsumsi buah lezat ini, seperti yang dilansir Fit Sugar.

- Mengandung segudang nutrisi. Seperti jenis buah-buahan lainnya, pisang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pisang adalah sumber besar kalium, mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah normal.

Seperti diketahui asupan kalium sangat penting untuk para atlet karena membantu menangkal kram dan kelelahan otot. Pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan fungsi otak dan saraf yang sehat.

- Camilan sehat.

Saat santai atau merasa lapar di sela-sela waktu makan, pilih mengkonsumsi pisang sebagai camilan rendah kalori dan rendah lemak. Satu buah pisang terdiri dari sekitar 100 kalori. Karena mengandung serat, pisang akan memuaskan rasa lapar Anda lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Pisang juga baik dikonsumsi sebagai makanan ringan sebelum berolahraga. Anda dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan satu sendok selai kacang atau dibuat smoothie.

- Sebagai bahan pengganti rendah kalori untuk membuat kue.

Selain dikonsumsi langsung, pisang juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti butter saat memanggang kue seperti muffin misalnya. Menambahkan pisang ke dalam kue buatan Anda berarti menambahkan asupan serat dan omega-3 yang baik bagi kesehatan tubuh.

- Menenangkan perut. 

Jika Anda menderita perut mulas, tingkatkan asupan buah pisang. Hal tersebut dikarenakan pisang telah lama dikenal untuk menenangkan sakit perutkarena efek antacidnya. Pisang juga mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu menormalkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit.

Komentar

Postingan Populer